Sender : PT.Hutchinson Cp Telecommunications
Iklan : Three
tagline “kebebasan itu nyata” versi cewek dan cowok
Maksud
iklan three disini jika kita melihat dari setiap kata-katanya, provider three
mencoba menyindir para pesaingnya dari provider gsm secara lebih halus tidak
seperti provider lainya yang secara terang-terangan menyabotase endoser dari
provider lain atau juga langsung menjurus pada provider lain melaului iklan
yang mereka buat.
- “Kebebasan itu teori. Katanya, jadi laki-laki itu jangan takut gagal. Tapi juga jangan bodo ngambil resiko. Mendingan kerja dulu cari pengalaman”. : kalau menyimak kata-kata dari “jadi laki-laki itu jangan takut gagal, tapi juga jangan bodoh dalam mengambil resiko” kata-kata ini menyinggung iklan dari telkomsel (AS) dimana ada seorang cowo yang galau di tinggal pacaranya dan kemudian melihat status pacarnya tersebut berubah menjadi single, kemudian cowo tersebut mengambil keputusan ingin mengakhiri hidupnya dengan cara melompat ke sungai.
- “Kebebasan itu palsu. Katanya, hidup ini singkat. Mumpung masih muda nikmati sepuasnya. Asal jangan lewat dari jam 10 malam” : kita semua tau banyak provider lain yang melakukan promosi dengan bebas bicara sepuasnya, smz dan juga internetan, tapi ternyata ke bebasan itu tetap saja terbatas misalnya mulai dari jam 00.00-12.00, atau 12.00-22.00. disinilah three menyindir para provider tersebut.
- “Kebebasan itu aneh. Katanya, aku bebas berekspresi. Tapi selama rok masih dibawah lutut” : jika kita melihat dari warna rok yang digunakan kita bisa samakan dengan warna dari logo provider dari (indosat, m3 =hijau ke kuning-kuningan, mentari = kuning), dengan kata lain three mencoba menyindir provider tersebut yang yang mengumbar kata kebebasan dengan promosi yang mereka lakukan.
- 1“Kebebasan itu ilusi. Katanya, urusan jodoh sepenuhnya ditanganku. Asalkan se suku, kalo bisa kaya” , 2 “Kebebasan itu lucu. Katanya, bebas berteman dengan siapa saja. Asal orang tua suka” , 3 “Kebebasan itu fantasi. Katanya, urusan jodoh sepenuhnya ditangan. Asalkan dari keluarga terpandang dan juga cantik” : jika kita cermati lagi ketiga kata-kata tersebut, kata-kata ini juga menyindir iklan dari provider XL, dimana ada seorang pria dari keluarga biasa-biasa saja dan dari daerah lain tetapi mencintai perempuan dari keluarga yang kaya raya dan berdomisili di medan, dengan kata lain laki-laki dan perempuan tersebut beda suku…dan laki-laki tersebut di beri syarat oleh bapa dari perempuan tersebut untuk membawa seribu mawar untuk mendapatkan anaknya.
Target : anak muda yang mobile, dan juga para
pengguna internet.
Isi Pesan : disini three mencoba memberikan
paket internet dengan harga “50Ribu” untuk 1tahun, dengan akses 10 situs
popular. Three mencoba memberikan harga paket yang lebih lama dari provider
lain, karena provider lain dengan harga 50 rbu/100rbu hanya untuk 1bulan.
Struktur pesan dari
penggunaan warna :
1. Abu-abu : disini menggambarkan ketidak
pastian atau sebuah kegamangan yang diberikan dari provider lain dimana mereka
mempromosikan produk mereka yang katanya murah tetapi nyatanya tidak.
2. Jubah warna merah yang digunakan anak
kecil : bertujuan untuk menyindir provider lain (telkosel)
3. Baju warna biru yang digunakan oleh
perempuan : bertujuan untuk menyindir providerlain (XL)
4. Payung kuning dan rok kuning :
bertujuan untuk menyindir providerlain (indosat, mentari)
5. Warna helm hitam dan putih :
melambangkan warna dari three itu sendiri.
No comments:
Post a Comment