Monday 16 July 2012

Cetak Offset


Cetak offset : proses pemindahan gambar atau teks secara tidak langsung dari acuan cetak atau plate keselembar kertas dengan secara tidak langsung, karena menggunakan kain karet (blanket) sebagai media perantaranya.

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Proses Cetak
Pengalihan tinta pada proses cetak menentukan mutu cetak secara keseluruhan. Kondisi pengalihan tinta pada proses cetak sangat dipengaruhi oleh :
1.    Ketebalan Lapisan Tinta Cetak Pada Acuan Cetak.
Banyaknya tinta yang dialihkan ke permukaan bahan cetak tergantung ketebalan tinta pada pada acuan cetak. Ketebalan lapisan tinta di sesuaikan dengan ketebalan Image pada acuan cetak. Penyesuaian ketebalan tinta ini dapat diatur pada bak tinta dan banyak sedikitnya tinta yang keluar dari bak tinta dapat di sesuaikan dengan melihat daerah image area pada acuan cetak (plate).
2.    Permukaan Kertas
-       Kehalusan permukaan bahan cetak
Permukaan bahan cetak yang lebih halus/rata akan menghasilkan hasil cetakan yang lebih bagus karena lapisan tinta dapat dipindahkan lebih sempurna kepermukaan bahan cetak. Karena jika kertas bergelombang maka kertas yang pada permukaan yang rendah tidak dapat menerima tinta secara sempurna.
3.    Tekanan Cetak
untuk mendapatkan hasil cetak yang baik, dibutuhkan tekanan cetak yang baik dan akurat antara Silinder Plate dengan Silinder Impresen. Tekanan cetak ini dapat di sesuaikan dengan tebal dan tipisnya kertas. Dan masalah yang dihadapi jika penyetelan tekanan cetak tidak tepat antara lain :
-       Penggundulan Image Cetak pada Plate
-       Pembesaran Titik Raster
-       Tinta Cetak tidak dialihkan sempurna





4.    Kecepatan Cetak (Speed)
Kecepatan cetak menetukan lamanya waktu persinggungan antara bahan cetak dengan tinta cetak. Semakin cepat putaran mesin  maka semakin singkat waktu persinggungan. Sehingga lapisan tinta yang dialihkan semakin tipis.
Mesin Cetak Offset
Mesin cetak offset berdasarkan cara pemasukan bahan cetak yang akan di cetak, dibagi menjadi dua yaitu :
a.    Mesin cetak offset Lembaran (sheet Fed)
Mesin cetak offset lembaran adalah mesin cetak yang unit pemasukannya menggunakan material kertas berbentuk lembaran. Mesin ini biasanya digunakan untuk mencetak buku, label, kemasan, dll
b.    Mesin cetak offset gulungan (web fed)
Mesin cetak offset gulungan adalah mesin cetak yang unit pemasukannya menggunakan material kertas berbentuk gulungan, mesin ini biasanya digunakan untuk mencetak majalah dan Koran.
Dari kedua mesin cetak tersebut, pada umumnya terbagi dalam tiga unit utama yaitu:
1.    Unit pemasukan/pengumpan : unit ini berfungsi untuk memasok/membawa kertas yang akan di cetakr.
2.    Printing unit : unit ini berfungsi untuk proses pencetakan. Disini laah proses terjadinya pemindahan image dari blanket ke kertas terjadi.
3.    Delivelry unit : berfungsi sebagai tempat keluarnya kertas setelah di cetak.
Mesin Cetak Offset Lembaran (sheet Fed Offset)
Gambar ini dapat menjelaskan unit-unit yang terdapat pada mesin cetak offset lembaran :

http://htmlimg2.scribdassets.com/4czztoabswjmfg8/images/140-5adfeadd0e.jpg
  Penjelasan singkat pada setiap unitnya :
a.    Unit pemasukan/pengumpan : pada mesin cetak offset lembaran unit pemasukan ini dibagi menjadi dua system yaitu, pemasukan tunggal dan susun sirih.
-       Sistim pemasukan tunggal : sistim pemasukan tunggal ini maksudnya ialah masuknya kertas ke unit pencetakan secara satu persatu.
Beberapa Komponen dari unit system pemasukan tunggal :
-       Meja pemasukan kertas, untuk menumpuk kertas
-       Penghisap tunggal/sucker, terdiri dari beberapa batang penghisap yang berbaris memanjang dan berfungsi untuk mengambil/menghisap kertas
-       Lidah penahan kertas, terdiri dari beberapa lidah penahan kertas yang berbaris memanjang dan berada dibawah penghisap kertas. Berfungsi untuk menahan kertas agar kertas yang di hisap tidak lebih dari satu lembar.
-       Angin penghembus, angin penghembus ini di tempatkan pada bagian belakang kertas, dan berfungsi untuk menghembuskan angin pada kertas sehingga kertas dapat terangkat dan kemudian dapat di hisap oleh sucker.
-       Meja penghantar, meja ini tidak ada roda-roda penghantar kertas, dan juga belt, yang berfungsi untuk membawa kertas dan kemudian di terima oleh griper.
-       Griper penjepit kertas, griper ini bewrfungsi untuk mengambil kertas dari penghisap kertas.
-       Double sheet detector. Alat ini berfungsi untuk mencegah agar kertas yang masuk pada unit pencetakan tidak doble.
-       Penepat depan (fron lay), sebelum kertas masuk ke unit pencetak kertas tertahan dahulu pada penepat depan untuk diratakan agar posisi kertas lurus dan tidak miring.
-       Penepat samping (side lay) setelah di ratakan kertas kemudian di dorong baik kekiri atau ke kanan tergantung penepat mana yang digunakan, penepat samping ini berfungsi agar kertas tepat dengan image area pada acuan cetak(plate)
-       Swing griper, setelah diratakan kertas diambil dan di bawa oleh griper untuk kemudia di cetak.

http://htmlimg4.scribdassets.com/4czztoabswjmfg8/images/142-c08cea6a2f.jpga.Skema unit pemasukan cetak offset lembaran sistem pemasukan tunggal b. Contoh unit pemasukan cetak offset lembaran sistem pemasukan tunggal(Heidelberg).
- Sistim Pemasukan Susun Sirih : maksud dari sistim pemasukan susun sirih ini adalh masuknya kertas dari meja penghantar kertas ke unit pencetakan secara bertumpuk atau bersusun.
Sistim pemasukan susun sirih terdiri dari beberapa komponen :
-       Meja penumpuk kertas, berfungsi untuk manaruh kertas yang akan di cetak.
-       Kelompol kepala hisap (suction Head). Terdiri dari sepatu peraba kertas untuk ketinggian kertas, yang di lengkapi penghembus udara, batang penghembus, penghisap kertas untuk mengangkat kertas, penghisap kertas untuk membawa kertas. Suction head ini berfungsi untuk mengambil kertas lembaran dari meja penumpukan kertas dan kemudian disuse secara susun sirih pada meja penghantar kertas.
-       Meja penghantar, berfungsi untuk menghantarkan kertas yang telah disusun oleh suction head. Komponen yang terdapat pada meja penghantar ialah, roda-roda penghantar kertas, roda sikat penahan kertas, penepat depan, dan penepat samping.
-       Double sheet detector, alat ini berfungsi untuk mencegah agar kertas yang masuk pada unit pencetakan tidak double.
http://htmlimg1.scribdassets.com/4czztoabswjmfg8/images/144-5acd4fa824.png

B. Unit Pencetakan (Printing Unit)
Unit pencetakan terdiri dari beberapa komponen yaitu :
B.1. Silinder Plate : berfungsi sebagai tempat pemasangan acuan cetak
B.2. Silinder kain karet (blanket) : berfungsi sebagai pengalihan image atau teks dari silinder plate ke permukaan kertas.
B.3.  Silinder tekan (Impression) : berfungsi untuk memberikan tekanan pada bahan cetak ke silinder blanket agar tinta dapat menempel secara sempurna pada bahan cetak.
http://htmlimg1.scribdassets.com/4czztoabswjmfg8/images/146-36a86bb6a9.jpg
B.4. Unit Pembasahan (Dampening Unit), berfungsi untuk menberikan kelembapan pada permukaan plate secara merata. Dengan adanya air pembasah ini, bagian yang tidak mencetak (non image area) peka terhadap air dan menolak tinta. Hal ini sesuai dengan prinsip teknik cetak offset dimana adanya tolak menolak antara air dan tinta. Unit pembasahan ini biasanya terdiri dari : bak air, roll bak air, roll penjilat, dan roll-roll perata air.
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQK7AeuNkVo29iH8-1dX8qdfJ7ugHWuPMYZK2wYgeqdE4rtb6rOKg
B.5. Unit Penintaan (Inking Unit), berfungsi untuk memberikan tinta cetak secara merata pada permukaan plate cetak. Dan pada permukaan plate bagian yang merupakan image area akan menarik tinta menolak air, sedangkan untuk bagian yang non image area menarik air menolak tinta. Unit penintaan ini terdiri dari bak tinta, roll bak tinta, roll jilat tinta, roll transfer tinta, roll perata tinta.
C. Unit Pengeluaran (Delivery Unit)
Unit ini berfungsi untuk menaruh hasil kertas yang sudah di cetak di di tumpuk pada meja pengeluaran. Pada unit ini terdiri dari beberapa komponen yaitu :
-       Meja penumpuk kertas
-       Griper pembawa kertas
-       Pipa penghembus
-       Batang penahan kertas
-       Spray powder
-       Lampu pemanas
http://htmlimg1.scribdassets.com/4czztoabswjmfg8/images/149-ce2eae7687.jpg

1 comment: