Wednesday 11 July 2012

CONTOH KASUS OPINION PUBLIK


Contoh Kasus Opinion Publik, dari segi Sosial :
KPI Terima 117 Pengaduan Tentang Olga Syahputra
Candaan Olga tentang Ucapan Sallam berbuntut persoalan.
Tidak hanya sekali candaan olga dalam acara televisi berbuntut persoalan, sebelum ini olga juga sempat dipanggil oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), karena diprotes oleh penonton televisi dan juga Lembaga Swadaya Masyarakat pendamping korban pemerkosaan.
Kemudian candaan olga yang juga menuai persoalan saat dia mencela seorang penonton di acara dahsyat dengan kata-kata yang tidak patut di ucapkan. Karena candaan olga lebih mengarah pada merendahkan diri orang lain pada saat itu.
"Kalau dia (Gisel) mah lahir dari rahim ibunya, kalau lo dikebutin kayak bangs*t," ucap Olga seraya tertawa.
Dan kini masalah terbaru olga yang berkaitan dengan candaan yang di buatnya ialah KPI mendapat pengaduan dari masyarakat bahwa olga telah melecehkan ucapan salam saat sedang membawakan acara febukers yang tayang secara live di ATV, selasa (19/6).
Saat itu seorang sedang menghubungi penelepon menghubungi studio dan di terima oleh Julia Perez dan seraya mengucapkan “Assalammua’alaikum” kata Jupe saat itu.
Namun olga dengan maksud memancing tawa penonton menimpali ucapan salam Jupe dengan mengatakan “Lu Assalammu’alakum terus yaah, kaya pengemis Lu”. Karena ucapan olga tersebut  para pengadu di situs KPI menilai adanya unsure pelecehan yang dilakukan oleh olga dan meminta agar Olga dapat ditindak tegas
Permintaan Maaf Olga
Di sela-sela acara perbukers yang disiarkan secara langsung di ANTV, selasa (26/6) sore, presenter berusia 29 tahun itu banyak mengeluarkan air mata.
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSWHdk0Br_MfNJ3nDT3hdGhUi9g-Ch45Ooq0GHDHi7m3hOsQinG
Olga meminta maaf atas candaanya yang sempat di prostes oleh banyak  pihak termasuk FPI, dengan di damping oleh Jessika Iskandar, Raffi Ahmad, Julia Perez, dan juga Gading Martin. Olga menerangkan bahwa dirinya sama sekal tidak bermaksud untuk menyinggung apalagi menghina umat Islam terkai pada candaannya tersebut.
“saya, Jessica, Raffi dari hati yang paling dalam, saya di ‘Pesbukers’  gak ada niat apapun, saya Cuma pengen menghibur semua yang ada di studio dan dirumah,” ucap Olga sambil menangis. Tak hanya Olga, semua para pendukung acara Pesbukers pun meminta maaf akan kejadian tersebut.
Olga DIpecat Dari PESBUKERS ANTV???
Buntut dari dugaan pelecehan agama yang dilakukan oleh comedian dan presenter  Olga Syahputra kabarnya berbutut panjang. Kabar yang beredar ialah pihak stasiun televisi ANTV sedang membahas ulang mengenai kontrak Olga, apakah akan terus dipakai di pesbukers atau sebaliknya.
“Langkah kedepanya masih akan terus kita diskusikan oleh bagian Humas,  dan juga bagian Top Manajemen gimana sebaiknya untu mengantisipasi masalah ini. Untuk masalah on air kan kita minta tolong untuk dijaga. Meski begitu, kita tetap Live senin-jum’at, dan hari lainnya tapping “ujar Produses Pesbukers, Rully Setia Hrlambang saat di temmui di studio ANTV Epicentrum, kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/6)
Dari pihak ANTV sendiri sudah memberikan teguran kepada Olga setelah adanya surat protes yang dilayangkan pada oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)
“namun waktu saya mengecek  web KPI www.kpi.go.id  saya tidak menemukan surat teguran tertulis yang di layangkan untuk acara pesbuker”. Yang saya temukan hanya laporan pengaduan dari masyarakat terhadap candaan olga yang terlewat batas.




Berikut adalah poling apakah candaan olga msh bisa di maafkan atau tidak dan juga pengaduan dari masyarakat yang dilayangkan pada KPI tentang candaan Olga.






Contoh kasus opinion dari segi politik :
Saya akan membahas keterkaitan Anas Urbaningrum dalam kasus Hambalang.
http://assets.kompas.com/data/photo/2012/06/27/1843499620X310.JPG
Jakarta, kompas.com – ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokraat, Anas Urbaningrum, mengaku tidak tahu menahu soal urusan proyek hambalang Kementrian Pemuda dan Olahraga, meskipun dia pernah menjadi komisi X yang bermitra dengan Kemenpora. Hal tersebut di ungkapkan oleh Anas seusai diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi selama kurang lebih tujuh jam, Rabu (27/6/2012).
“apakah saya tahu soal Hambalang, saya jelaskan saya tidak tahu apa dan bagaimana soal proyek hambalang,” kata Anas di gedung KPK, Kuningan, Jakarta.
Anas diperiksa terkait keterlibatannya dalam kasus proyek hambalang. Menurut anas, pertanyaan tersebut ditanyakan penyidik KPK kepadanya selama pemeriksaan. Selain itu, Anas juga mengaku di konfirmasi apakah benar dirinya memerintahkan anggota komisi II DPR, Ignatius Mulyono untuk mengurus sertifikat tanah hambalang yang bermasalah.
Ignatius sebelumnya mengaku diperintah anas untuk menghubungi Kepala Badan Pertanahan Nasional, Joyo Winoto (sekarang mantan) untuk mempercepat proses permasalahan sengketa lahan hambalang. Menurut Anas, dirinya selaku ketua fraksi Partai Demokrat saat itu tidak pernah memerintahkan Ignatius untuk mengurus sertifikat.
Selain soal sertifikat Hambalang, Anas mengaku di ajukan pertanyaan mengenai tugasnya sebagai ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR saat itu. Kepada penyidik KPK, dia mengaku soal pengelolaan atau manajemen partai secara keseluruhan, termasuk soal pengelolaan keuangan partai.masukan keuangan partai, laporan pertanggung jawabanya, Auditnya, hingga kewajiban partai ke Komisi Pemiihan Umum (KPU).
Demikian juga soal struktur Partai Demokrat mulai dari Dewan Pembina dan Dewan Pemimpin Pusat (DPP) yang terdiri dari posisi ketua umum, sekretaris Jendral, Bendahara, Kepala Bidang-bidang, dan Departemen-departemen.
Keterlibatan Anas dalam proyek Hambalang pertama kali diungkapkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazarrudin, dalam sejummlah kesempatan. Nazarruding mengucapkan bahwa Anas laah yang mengatur proyek tersebut. Manatan Anggota DPR itu bahkan menyebut hasil korupsi dari proyek itu digunakan Anas untuk biaya pemenangan dalam Kongres Partai Demokrat di Bnading tahun 2010.

Sehari setelah Anas diperiksa KPK
usai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi, terkait dugaan korupsi proyek pusat olahraga hambalang., Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningtum, Kamis (28/6) malam, mengikuti pengajian bersama Fraksi Partai Demokrat.
Suasana santai telihat di masjid Al-Amin di Perumahan Komplek DPR Jakarta, Anas dan wakil Sekjen Partai, Ramadhan Pohan terlihat mengoperasikan telepon genggamnya. Meskipun acara tersebut bermuatan religi, pesan politis tetap menyeruak di acara itu. Anas dalam pencerahanya meyakini, partai yang dibina Susilo Bambang Yudhoyono ini tetap mendapat dukungan rakyat hingga pemilu 2014.
Anas Urbaningrum menegaskan, dirinya tidak mengetahui proyek perencanaan Hambalang. Meski dirinya menjadi anggota Komisi X DPR periode Oktober 2009-Mei 2010, Anas membantah mengikuti rapat kerja Hambalang dengan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Andi Malarangeng.

Nazar Tuding Anas Berbohong Soal Hambalang
INILAH.COM, Jakarta – Muhammad Nazaruddin, Terpidana kasus korupsi pembangunan wisma altel SEA Games di Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan. Menilai pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum tentang kasus hambalang tidak benar.
“Pak SBY itu kan bilang kader Demokrat itu santun, cerdas, tapi Ana situ Pembohong” ucap Nazaruddin saat menilai pemeriksaan sebagai saksi tersangka Angelina Sondakh di kantor KPK, Jakarta, Kamis (28/6/2012).
Nazar juga membantah pernyataan Anas yang mengatakan tidak mengetahui kasus Hambalang “ kan bohong katanya jika memang tidak mengetahui soal sertifikat Hambalang, tidak tau soal uang. Benar soal uang memang dia yang mengatur. Soal Sertifikat Hambalang dia yang mengarahkan semua. Yaitu lah kalau pemimpin kaya gitu bagaimana republic ini”. Kata Nazar seraya bergegas memasuki kantor KPK.

71 Orang Di Periksa, Belum Ada Tersangka Kasus Hambalang
Metrotvnews.com, Jakarta : alotnya proses penyelidikan dugaan kasus korupsi proyek pusat Olah Raga Hambalang selama 10 bulan, hingga saat ini telah memeriksa sebanyak 71 orang. mereka terdiri dari politikus, pengusaha, hingga pegawai pemerintah. Namun Komisi Pemberantasan Orupsi belum menetapkan tersangka.
Orang terakhir yang diperiksa adalah Ketua Umum Paratai Demokrat, Anas Urbaningrum. Pasalnya Anas berulang kali disebut Mantan Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin telah menerima Jatah Rp 50 Miliar dari PT Adhi Karya yang memenangkan tender proyek Hambalang. Uang tersebut untuk membiayai kemenangan Anas menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.
KPK juga memeriksa pengusaha yang terlibat. Pihak kontraktor pemenang tender proyek Hambalang PT Adhi Karya di duga menyuap sejumlah pihak sebesar 100miliar. Proyek yang semula beranggarkan 125 miliar, melonjak menjadi 2,5 triliun. KPK pun memeriksa jajaran pemerintah, termasuk Menteri Pemuda dan Olah Raga, Andi Malarangeng. Tapi hingga kini KPK masih alat dalam menentukan tersangka.
Berikut adalah gambar dari hasil polling yang ditanyakan pada masyarakat terkai keterlibatan Anas pada kasus Hambalang








Contoh Opinion Publik, dari segi Marcomm :
Dalam contoh kasus ini saya akan membahas Kripik Maicih
Kripik Maicih, syapa juga yang tidak kenal dengan kripik singkokng ini, kripik singkong yang terkenal karena rasa pedasnya yang menggoda dan membuat ketagihan. Semua orang mulai membicarakan rasa dan tingakt kepedasan dari kripik maicih ini, mulai dari jejaring social facebook dan twitter. Mungkin rasa pedasnya yang memang cocok dengan lidah orang Indonesia sehingga membuat kripik ini menjadi di gemari, tapi gak bisa di pungkiri banyak orang yang menderita karena rasanya yang begitu pedas, sehingga kripik ini pun member level tingkat kepedasan pada produkinya, mulai dari level 3, 5, dan 10
Sejarah singkat  Kripik Maicih
Pada tahun 2010, Reza Nurhilman memulai kerja sama dengan produsen keripik pedas di kota Cimahi. Kegiatan produksi keripik pedas yang memiliki beberapa level kepedasan dan baso goreng secara komersial sebagai industri rumah tangga. Pada awal tahun 2011, industri rumah tangga ini diresmikan secara resmi dengan nama CV. 29 Synergi. Reza Nurhilman mulai memasarkan secara Word-of-Mouth dan lewat jejaring sosial Twitter lewat akun pribadinya dengan penggunaan hashtag #maicih.
Perusahaan ini meraih kesuksesan dan mulai dikenal masyarakat dengan merek dagang MAICIH pada Februari 2011 dan diliput oleh salah satu acara di Trans TV di program Realita Bingkai Berita. Reza Nurhilman bersama tim menggunakan akun Twitter official dari perusahaan @infomaicih sebagai senjata utama pemasaran mereka.
PT. Maicih Inti Sinergi memisahkan diri dari produsen awal dan memiliki pabrik sendiri setelah permintaan semakin meningkat yang resmi didirikan pada tahun 2011 dengan Reza Nurhilman sebagai Komisaris. Untuk menghindari pemalsuan produk, Logo MAICIH mulai dipatenkan hak ciptanya
Pemasaran.
Pemasaran MAICIH dilakukan dengan menggunakan jejaring sosial Twitter. Info penjualan produk secara resmi di infokan oleh akun Twitter perusahaan @infomaicih. Reseller perusahaan diberi nama atau istilah "JENDRAL" sebagai ujung tombak pemasaran yang dilakukan secara direct selling. Para JENDRAL MAICIH membangun relasi dengan konsumen yang dikenal dengan nama ICIHERS dan membangun suatu komunitas yang bertujuan untuk melakukan aktivitas promosi dan distribusi produk MAICIH secara lebih militan dan eksklusif.
Contoh pemasaran
Produk



Berikut adalah beberapa komentar tentang kepedasan dari kripik maicih

No comments:

Post a Comment